Monday, September 28, 2015

Inilah Pengertian Iman,Islam Dan Ihsan

Inilah Pengertian Iman,Islam Dan Ihsan

Islam menurut bahasa mempunyai arti keselamatan, perdamaian dan penyerahan diri kepada Alloh Agama islam memiliki tuntunan agar manusia menyerahkan diri sepenuh hati kepada Alloh, menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. dengan cara itu manusia memperoleh keselamatan di dunia dan akhirat.

Pengertian Iman,Islam Dan Ihsan


Adapun menurut istilah adalah agama yang berasal dari Alloh yang di sampaikan oleh Nabi Muhammad SAW kepada seluruh umat manusia untuk di jadikan pegangan hidup agar memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Iman menurut bahasa artinya percaya sedangkan menurut istilah artinya " mengucapkan dengan lisan,membenarkan dalam hati dan mengerjakan dengan segenap anggota badan.

Ihsan menurut bahasa menurut bahasa mempunyai arti perbuatan baik atau kebaikan.adapun secara lisan adalah perbuatan baik yang di lakukan oleh seserang yang di niatkan beriabadah kepada Alloh SWT,dengan tulus hanya mengharap ridho dari Alloh SWT.

Rukun Iman ada enam yaitu :

  • Iman kepada Alloh
  • iman kepada malaikat Alloh
  • iman kepada kitab Alloh
  • iman kepada para Nabi dan Rosul
  • iman kepada hari akhir
  • iman kepada qodho' dan qodar

Jumlah Nabi dan Rosul yang di sebutkan dalam Alqur'an sebanyak 25 orang,Namun sebagian lainnya tidak di ceritakan.

Selain dari enam perkara yang wajib kita imani,kita juga harus mengimani hal-hal lain yang telah di terangkan dalam kitab suci Alqur'an dan Hadist terutama masalah-masalah ghoib seperti surga,neraka,alam baats,mukjizat para Nabi,ruh,Iblis,jin dan lain sebagainya. pada prinsipnya kita wajib beriman kepada semua yang di terangkan dalam Alqur'an dan Hadist.

Previous Post
Next Post

0 comments: