Sunday, September 27, 2015

Tujuan Mempelajari Aqidah Islam

Tujuan Mempelajari Aqidah Islam

Dalam mempelajari sesuatu pasti mempunyai suatu tujuan.begitu juga dalam mempelajari aqidah Islam tujuannya adalah untuk dapat mengetahui seluruh aspek dari aqidah islam dan mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.disamping itu tujuan aqidah islam itu adalah :


1. Menuntun dan mengembangkan dasar ketuhanan yang telah ada sejak lahir.
keyakinan adanya Dzat Tuhan Yang Maha Kuasa itu sebenarnya bagi setiap orang itu telah ada sejak lahir ke dunia.

Alloh SWT berfirman yang artinya :

    " Dan ingatlah ketika tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi ( punggung ) mereka dan Alloh mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka ( seraya berfirman ) " Bukankah aku ini tuhanmu? " mereka menjawab " Benar ( Engkau Tuhan Kami ) kami menjadi saksi ". ( kami lakukan yang demikian itu supaya dihari kiamat kamu tidak mengatakan : sesungguhnya kami (bani adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini ( wujud serta Keesaan Tuhan )".

atau agar kamu tidak menyatakan " sesungguhnya orang-orang tua kami telah mempersekutukan Tuhan sejak dulu, sedangkan kami adalah anak-anak keturunan yang ( datang ) sesudah mereka. maka apakah engkau akan membinasakan kami, karena perbuatan orang-orang yang sesat dahulu". Dan demikian kami menjelaskan ayat-ayat itu agr mereka-mereka kembali (kepada kebenaran) ". ( Q.S. Al-a'raf : 172 - 174 )


2. Membina ke arah keyakinan yang benar kepada Alloh SWT.

Tanpa petunjuk dari agama,manusia akan berusaha dengan ikhtiarnya sendiri untuk mencari Tuhan. dengan kemampuan akal dan ilmu yang berbeda-beda,besar kemungkinan manusia tidak akan sampai mengenal Alloh dengan baik dan mereka akan tergelincir menjadi penyembah makhluk. sebagai contoh,kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan,akhirnya setelah melihat bintang-bintang itu tenggelam maka ia berfikir tidak mungkin Tuhan itu hilang dan timbul.

Tujuan Mempelajari Aqidah Islam

Kemudian setelah hari berikutnya ia melihat bulan kelihatannya lebih besar dari bintang-bintang, inilah Tuhan kata ibrahim. tatkala melihat bulan itu juga hilang dan tenggelam dia juga mengatakan itu bukan Tuhan.besoknya terbit matahari dengan sinarnya yang lebih terang ke seluruh alam, ia menduga inilah Tuhan,tetapi tatkala matahari terbenam di waktu sore ia juga berkesimpulan itu juga bukan Tuhan.

3. Menjaga kemusyrikan.

Tanpa tuntunan yang jelas tentang keyakinan terhadap Dzat yang Maha Kuasa,besar kemungkinan di sadari atau tidak di sadari manusia akan tersesat kepada kemusyrikan, baik syirik yang terang-terangan atau syirik yang sembunyi-sembunyi di dalam hati. dengan mempelajari aqidah, akan terhindar kemungkinan-kemungkinan terjerumus ke dalam kesesatan,yaitu menyekutukan tuhan.

4. Menghindarkan diri dari pengaruh kehidupan yang sesat.

Mempelajari aqidah islam dengan baik juga bertujuan supaya kita dapat menjaga diri jangan tersesat mengikuti faha-faham yang hanya semata-mata bersumber kepada pendapat akal yang saat ini banyak faha-faham yang menyimpang dari alqur'an dan hadist yang menyesatkan dan menjauhkan kita dari ajaran Alloh SWT.

Alloh berfirman yang artinya :

" Katakanlah bahwa kamu (benar-benar) mencintai Alloh, ikutilah Aku,niscaya Alloh mengasihanimu dan mengampuni dosa-dosamu Alloh Maha Pengampun dan Maha Penyayang. ( Q.S. Ali Imron : 31 )






Previous Post
Next Post

2 comments: