Thursday, September 21, 2017

Inilah Pengertian Zakat Menurut Istilah Dan Islam

Inilah Pengertian Zakat Menurut Istilah Dan Islam 

Menurut asal katanya ( lughat ), zakat berarti tumbuh, berkembang, kesuburan, atau bertambah, atau dapat pula berarti membersihkan atau mensucikan, Firman ALLAH SWT dalam AL-QUR'AN surat At-taubah ayat 103 yang artinya :

" Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdo'alah untuk mereka." ( Q.s At-taubah : 103 ).
Inilah Pengertian Zakat Menurut Istilah Dan Islam


Secara istilah zakat artinya  adalah pemberian sesuatu yang wajib di berikan dari harta tertentu dan telah di tentukan jumlah dan ukuran nya serta penerimanya. zakat merupakan salah satu rukun islam, dan menjadi salah satu unsur pokok bagi tegaknya sayari'at islam. Oleh sebab itu, hukum zakat adalah wajib ( fardhu ) atas setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu.

Zakat termasuk dalam kategori ibadah ( seperti sholat, haji, dan puasa ) yang telah di atur secara rinci dan paten berdasarkan Al-qur'an dan As-sunnah, sekaligus merupakan amal sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang dapat berkembang sesuai dengan perkembangan umat manusia.

Demikian artikel tentang  Pengertian Zakat Menurut Istilah Dan Islam semoga bmenambah wawasan yang akhirnya bertambah pula kadar keimanan kita amin.


Previous Post
Next Post

0 comments: