Wednesday, July 19, 2017

Ahlak Seorang Anak Terhadap Orangtua

Ahlak Seorang Anak Terhadap Orangtua

Akhlak mulia merupakan dasar-dasar agama untuk menjadi pribadi yang luar biasa. Anak yang durhaka, cenderung tidak hati-hati dan melakukan apa saja sesuai dengan keinginannya. Akibatnya, tidak jarang ia mendapat masalah atau bencana. Tanamkan juga betapa pentingnya mematuhi nasihat yang diberikan oleh orang tua. Berikut ini adalah beberapa akhlak Islam anak kepada orang tua:


Ahlak Seorang Anak Terhadap Orangtua


1. Mencintai Ayah dan Ibu
Akhlak Islam anak kepada orang tua yang pertama adalah mencintai keduanya. Perlakukan mereka berdua dengan segala sesuatu yang mengembirakan hatinya dan hindarilah sesuatu apapun yang menyusahkan kedua orang tua. Dengarkanlah nasehat-nasehat mereka, mematuhi perintah-perintahnya dan memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Jabat hangat tangan kedua orang tua setiap pagi dan sore, tataplah dengan wajah yang berseri-seri.

2. STOP Menjadi Anak Durhaka
Jika melakukan kesalahan terhadap kedua orang tua, maka segeralah meminta maaf. Berjanjilah kepada diri sendiri untuk tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama, karena hukuman orang yang durhaka akan disegerakan di dunia. Dalam hadits: “semua dosa ditangguhkan Allah hukumannya hingga hari kiamat, kecuali durhaka kepada orang tua. Karena allah menyegerakan bagi pelakunya dimasa hidup sebelum matinya”. Datanglah seorang laki-laki kepada Nabi SAW. Seraya meminta bai’at untuk hijrah. Ia berkata “ aku tidak dating kepadamu sebelum membuat kedua orang tuaku menangis.” Maka Nabi SAW bersabda : “kembalilah kepada mereka dan buatlah mereka tertawa sebagaimana engkau telah membuat mereka menangis.”

3. Memperoleh Ridha Orang Tua
Akhlak Islam anak kepada orang tua selanjutnya adalah berusaha selalu untuk memperoleh ridha Ayah Ibu dengan bersungguh-sungguh, seperti mempelajari pelajaran-pelajaran bagi yang masih duduk di bangku sekolah dan kuliah. Hendaklah engkau mengatur peralatan pada tempatnya masing-masing dan tidak merusakkan atau menghilangkan sesuatu darinya. Mengerjakan segala sesuatu yang mengembirakan mereka di dalam dan di luar rumah. Waspadalah jangan sampai marah, menggerutu dan bermuka cemberut kepada ortu. Dalam hadits: “ridha Allah diperoleh karena rdha orang tua, dan murka Allah diperoleh karena murka kedua orang tua.

4. Menghormati Kedua Orang Tua
Apabila meminta sesuatu kepada ortu, maka janganlah meminta dihadapan orang banyak. Selain itu jika mereka tidak memberikan apa yang kita minta, maka diamlah jamgan menuntut. Karena mereka lebih tahu tentang baik buruknya suatu hal. Jika duduk di depan mereka, maka duduklah dengan cara yang baik, jangan meletakkan kaki di atas kaki, jangan duduk diatas mereka berdiri dan jangan pula berjalan didepan mereka. Apabila salah seorang dari mereka memanggilmu, maka segeralah menjawabnya jangan berlambat-lambat atau berpura-pura tidak mendengar.

5. Berbakti Kepada Orang Tua
Apabila telah dewasa dan mulai berkerja, maka hendaklah membantu kedua orangtua. Berilah nafkah menurut kemampuan dan berbaktilah kepada ibu lebih banyak daripada ayah, karena ia lebih sayang kepada anak-anaknya. Sebagaimana dala hadits: “Datang seorang laki-laki kepada Nabi SAW. Lalu berkata,” ya rasulullah, siapakah orang yang paling patut mendapat perlakuan baik dariku?” beliau menjawab “ibumu”. Orang itu berkata lagi, “kemudian siapa?” beliau menjawab “ibumu”. Orang itu berkata lagi, “kemudian siapa?” beliau menjawab “ibumu” Orang itu berkata lagi, “kemudian siapa?” beliau menjawab “ayahmu”.

6. Bersikap Sopan Santun
Akhlak Islam anak kepada orang tua selanjutnya adalah bersikap sopan santun terhadap mereka dalam setiap waktu. Jangan membelakangi mereka seraya memanggil namanya, jangan tertawa dihadapannya tanpa keperluan atau bersuara keras. Janganlah memandang mereka dengan pandangan yang angkuh, jangan berdusta terhadap mereka atau memaki mereka atau berbicara dengan perkataan yang buruk ataupun mengeraskan suara di atas suara mereka.

7. Mendoakan Kedua Orang Tua
Adanya kedua ortu merupakan kenikmatan besar dari Allah dan berkah serta rahmat bagi seorang anak. Doakanlah agar Allah membalas kedua orang tua dengan sebaik-baiknya atas pemeliharaan mereka yang baik. Doakan mereka agar diberi panjang umur dalam kebaikan dan kesehatan, dan tercapai cita-cita mereka. Apabila salah seorang dari mereka atau kedua-duanya meninggal dunia, maka anakpun wajib berbakti kepada mereka dengan berdoa dan memohonkan ampun serta bersedekah untuk kedua orang tuanya.

Untuk melengkapi postingan tentang akhlak Islam anak kepada orang tua, seorang anak harus menaati perintah mereka karena pada hakikatnya tidak ada Ayah Ibu yang menginginkan keburukan bagi anak-anaknya kecuali ortu TIDAK WARAS DAN STRES. Jadi, apapun perintah mereka, tak lain adalah bentuk kecintaan yang tulus tanpa pamrih. Walaupun begitu dapat disaksikan keutamaan dan jasa dari keduanya.
Previous Post
Next Post

0 comments: