Wednesday, September 20, 2017

Inilah Pengertian Syari'at Menurut Islam

Inilah Pengertian Syari'at Menurut Islam

Kata Syari'at , berdasarkan akar katanya dapat berarti jalan. kata kerjanya adalah syara'. sedangkan secara terminologi atau istilah, syari'at adalah ketentuan atau norma Ilahi yang bertujuan mengatur kehidupan manusia dalam rangka hubungan nya dengan tuhan nya dan hubungan nya dengan sesama manusia dan dengan alam.

Pengertian Syari'at berbeda dengan pengertian fiqih, karena fiqih adalah hasil dari ijtihad ulama yang juga manusia. imam syafi'i mendefinisikan ilmu fiqih sebagai salah satu ilmu tentang hukum hukum syari'at yang bersifat amaliyah. dengan kata lain fiqih adalah ijtihad manusia untuk menangkap makna makna yang terdapat dalam teks AL-QUR'ANUL KARIM dan As-Sunnah.

Syari'at yang mencakup ilmu fiqih adalah pengertian syari'at dalam arti luas, sedangkan syari'at dalam arti asli adalah segala macam hukum hukum yang memiliki dalil pasti,tegas, dan jelas, baik dalam Alqur'an As-sunnah maupun ijma'.

tujuan syari'at islam


Sedangkan tujuan syari'at islam adalah :

Untuk memberi keselamatan , kesejahteraan, kedamaian, kemaslahatan, dan kebahagiaan bagi kehidupan manusia di dunia ini dan di akhirat kelak. kemaslahatan atau kebahagiaan yang di maksud di sini adalah yang di landasi ibadah atau pengabdian kepada ALLAH SWT. yaitu kemaslahatan yang tidak memisahkan aspek duniawi dan ukhrawi. hal ini sesuai dengan ayat Al-qur'an surat Al-baqarah ayat 201 yang artinya : 
" Dan diantara mereka ada orang yang berdo'a ; " Ya tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka ." ( QS : Al-baqarah 201 )
Demikian artikel tentang Pengertian Syari'at Menurut Islam dan tujuan syari'at islam semoga bermanfaat bagi pembaca


Previous Post
Next Post

0 comments: